9 Sebab Anda Bakal Dipecat, Termasuk Nonton Film di Waktu Kerja

Ilustrasi karyawan buruk. shutterstock.com

karir

9 Sebab Anda Bakal Dipecat, Termasuk Nonton Film di Waktu Kerja

Minggu, 8 Maret 2020 20:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Jangan kaget jika Anda tiba-tiba dipanggil atasan kemudian mendapat peringatan. Jika Anda merasa tidak ada yang kekeliruan atas kerja yang diberikan, mungkin ada sebab lain.

Mengutip Boldsky, ada beberapa pemicu seorang pekerja dipanggil bosnya dan diberi teguran. Bukan sekadar urusan pekerjaan, bisa jadi ini karena sikap Anda selama bekerja. Berikut sembilan sebab yang bisa berujung pada pemecatan.

  1. Tidak gaulKantor adalah tempat Anda menghabiskan sebagian besar waktu setiap hari. Jika tidak berbaur dengan rekan kerja lain, ada kemungkinan karier Anda tidak akan bertahan lama. Bayangkan jika Anda tidak memiliki teman seorang pun di kantor. Itu bisa berujung pada hilangnya minat terhadap pekerjaan dan pada akhirnya membuat Anda kehilangan pekerjaan.

  2. Tidak punya inisiatifJangan hanya diam ketika berdiskusi atau diminta gagasan oleh atasan. Mengambil inisiatif bukan berarti Anda mencari-cari perhatian dari bos. Gara-gara tak punya ide, mungkin atasan akan mengira Anda tak bersungguh-sungguh dalam bekerja dan tak peduli dengan masa depan perusahaan.

  3. Cari pekerjaan baru menggunakan fasilitas kantorKalau Anda bertekad untuk mengundurkan diri, jangan memakai fasilitas dari perusahaan itu untuk mendapatkan tempat bekerja yang baru. Kendati berusaha bermain aman, cepat atau lambat pasti ketahuan kalau loyalitas Anda akan segera berakhir.

  4. Menonton film onlineKetika bosan di tempat kerja, Anda bisa berjalan-jalan sejenak, ngobrol sebentar dengan rekan kerja, mendengarkan musik, atau menonton film. Tapi jika film yang disaksikan terdiri dari banyak episode dan dituntaskan dalam waktu bekerja, ditambah Anda menyaksikannya dengan menggunakan akses Internet kantor, maka ini adalah kesalahan besar. Apabila Anda melakukan hal ini setiap hari, rekan kerja dan atasan akan tahu cara kerja Anda yang tidak profesional.

  5. Datang telat pulang cepatSesekali mungkin tak mengapa Anda datang terlambat dan pulang lebih cepat. Sampaikan juga kepada atasan keperluan mendesak apa yang membuat Anda terpaksa melakukan itu. Tapi kalau setiap hari datang telat dan pulang cepat, rekan sekantor tentu yang cemburu tentu akan melaporkan Anda kepada atasan.

  6. Tukang bikin masalahTipe pekerja seperti ini membuat suasana di kantor menjadi tidak nyaman. Setiap persoalan atau keributan yang terjadi di tempat kerja tentu akan ditelusuri apa sebab dan bagaimana solusinya. Jika Anda yang salah, maka terimalah hukumannya, bahkan sampai pemecatan.

  7. Terlalu aktif di media sosialBaru sampai di kantor, cek media sosial, buka laptop, cek lagi media sosial, sebelum mulai bekerja tilik dulu media sosial. Jangan terlalu sering bermain dia media sosial di waktu bekerja. Kalau begini terus, Anda akan terlihat sangat santai dan kapan pekerjaan akan selesai.

  8. BerbohongBohong yang umumnya jadi alasan adalah bilang sakit, ternyata sehat. Padahal mungkin tidak ke kantor karena tak sengaja bangun siang, ketinggalan kereta, macet luar biasa, dan sebab lainnya. Daripada pusing memikirkan alasan yang sebenarnya tak pantas menjadi alasan, maka sakit paling mudah disampaikan. Tapi jangan coba-coba beralasan sakit kemudian ke luar rumah untuk jalan-jalan. Awas kalau sampai bertemu teman kerja di luar.

  9. BerkhianatMengkhianati perusahaan tempat Anda bekerja adalah kesalahan besar. Menyebarkan rahasia perusahaan atau menjelek-jelekkan orang di dalam perusahaan ke luar atau kepada pesaing akan menjadi bumerang untuk Anda. Selain bakal dipecat, Anda juga sulit diterima oleh perusahaan lain karena tak bisa dipercaya.