Mau Usaha Jastip, Simak Apa Saja Tips dan Triknya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi gila belanja. Shutterstock

Ilustrasi gila belanja. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Usaha jasa titip barang alias jastip, menurut para pelakunya, tak sulit dijalankan. Asalkan konsisten dan gigih dalam mencari barang yang diinginkan konsumen, pasarnya bakal terbentuk dengan sendirinya.

Berikut ini tips dan trik menjalankan usaha jastip.

  1. Mencari barang yang sedang ngetren
    Usaha jastip biasanya ramai ketika ada merek atau toko yang baru buka di suatu kota dan belum ada di kota lain. Biasanya permintaan produk dari toko tersebut akan tinggi dari kota lain.

  2. Berfokus pada ceruk pasar tertentu
    Orang-orang yang punya kegemaran spesifik, seperti penyuka musik Korea, anime Jepang, atau produk subkultur tertentu, biasanya berani membayar mahal untuk barang yang mereka inginkan. Biasanya mereka juga loyal kepada pemilik jastip yang bisa menemukan barang-barang unik dan eksklusif yang berkaitan dengan kegemaran mereka.

  3. Transparan dalam menentukan harga
    Harga barang yang dijual oleh pelaku usaha jastip tentu lebih mahal daripada harga jual resmi di tokonya. Tapi konsumen rela membayar lebih mahal asalkan tetap masuk akal dan tak terlalu tinggi. Biasanya konsumen juga akan mengetahui harga asli barang yang dijual.

  4. Memanfaatkan media sosial
    Mempromosikan jasa titip paling efektif dan murah tentu melalui media sosial. Konsumen juga sudah terbiasa mencari pemilik jastip melalui Instagram, Facebook, atau Twitter.

  5. Jangan takut membeli banyak barang
    Beberapa pemilik jastip yang punya konsumen loyal berani mengeluarkan modal lebih untuk membeli barang stok meski tak ada yang memesan. Barang stok bisa dijual di marketplace yang daya jangkaunya lebih luas.

  6. Memberikan pelayanan prima
    Biasanya penyedia jastip harus mengirim barang yang ia beli ke pemesan. Pemilik jastip harus mampu mengemas barang pesanan secara layak dan aman agar pesanan sampai ke tangan pembeli dengan aman. Tak sedikit pemilik jastip yang juga menyediakan layanan tukar barang jika pesanan tak sesuai.

Ide Bisnis Jastip:
- Oleh-oleh/makanan khas daerah yang jarang ditemui di kota lain
- Produk busana eksklusif dari perancang, butik, atau distro populer
- Perabotan dan aksesori rumah
- Merchandise artis luar negeri/lokal yang sedang mengadakan konser
- Tiket wisata
- Gadget terbaru yang diluncurkan terbatas
- Sepatu buatan produsen lokal

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."