Panduan Merawat Kulit Sebelum dan Sesudah Olahraga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita tampil cantik walau saat berolahraga. sportadictos.com

Ilustrasi wanita tampil cantik walau saat berolahraga. sportadictos.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaOlahraga salah satu cara untuk mendapatkan kulit sehat dan bersinar, selain menjaga berat badan ideal. Namun, aktivitas fisik ini bisa berisiko bagi kulit wajah, jika tidak disiplin melakukan perawatan sebelum dan sesudahnya.

Agar kulit wajah Anda tetap sehat sebelum dan sesudah olahraga, berikut tips dari pakar kosmetik Seema Nanda seperti dikutip dari laman Times of India. Salah satunya tidak memakai makeup sebab bisa memicu iritasi dan jerawat.

Berikut sejumlah tips merawat kulit sebelum dan sesudah berolahraga

1. Mengikat rambut

Tidak peduli seberapa panjang rambut Anda, jangan lupa mengikatnya ke belakang alias kuncir kuda. Untuk rambut pendek, Anda bisa menggunakan jepit rambut. Produk perawatan rambut yang dikombinasikan dengan keringat akan membuat pori-pori tersumbat dan menyebabkan jerawat di dahi.

2. Jangan menyentuh wajah

Peralatan olahraga dipenuhi kuman dan bakteri, apalagi jika berada di pusat kebugaran. Jadi, jauhkan tangan Anda dari wajah saat berolahraga. Jika berkeringat, Anda bisa menyekanya dengan handuk bersih.

3. Jangan pakai makeup

Cuci wajah Anda sebelum berolahraga, jangan menggunakan makeup. Sebab makeup yang bercampur keringat menyebabkan iritasi dan kulit berjerawat. Tapi ketika Anda berolahraga di luar ruangan, jangan lupa mengaplikasikan tabir surya. Oleskan 15-20 menit sebelum keluar agar terserap sempurna.

4. Cuci wajah setelah olahraga

Gunakan pembersih lembut yang cocok untuk jenis kulit wajah Anda. Keringat yang dibiarkan dapat membuat pori-pori wajah tersumbat.

5. Ganti pakaian

Setelah olahraga, tubuh akan berkeringat dan melepaskan racun. Ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat di tubuh. Idealnya, Anda harus mandi cepat dan berganti pakaian bersih.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."