4 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah serta Cara Pakainya

Ilustrasi jeruk nipis. Wikipedia.org

kecantikan

4 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit Wajah serta Cara Pakainya

Selasa, 8 Oktober 2019 09:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Jeruk nipis tidak hanya memberikan sensasi segar saat dalam minuman, tetapi juga bermanfaat untuk perawatan kulit wajah. Buah hijau ini rendah kalori dan mengandung ragam vitamin dan gizi. Mulai dari vitamin C, A, B, dan E, serta antioksidan yang sangat baik untuk kecantikan wajah.

Dari semua gizi yang terkandung dalam jeruk nipis, vitamin C dipercaya paling bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah.

Berikut ini manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah.

  1. Meremajakan kulit

    Jeruk nipis dikenal manfaatnya untuk meremajakan kulit wajah. Hal ini berkat kandungan vitamin C, flavonoid, dan antioksidan di dalamnya yang dapat mendukung fungsi kolagen, sehingga meremajakan kulit wajah Anda.
  2. Mengurangi tanda-tanda penuaan

    Semakin bertambahnya usia, paparan sinar ultraviolet dan faktor-faktor lain dapat membuat kulit wajah mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan. Misalnya, munculnya noda hitam atau keriput pada wajah. Jeruk nipis bisa menjadi solusi alami untuk mengurangi tanda-tanda penuaan tersebut. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dalam jeruk nipis dipercaya dapat menjaga sel-sel kulit dari bahaya radikal bebas. Hasil studi pada hewan menunjukkan bahwa minum banyak air jeruk, termasuk jeruk nipis dapat membantu mengurangi keriput di wajah dan meningkatkan produksi kolagen. Seperti yang Anda tahu, kolagen sangat penting dalam menjaga kekencangan kulit wajah.
  3. Mencegah dan mengatasi jerawat

    Produksi minyak berlebih, serta adanya kotoran dan sel-sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori wajah. Penyumbatan inilah yang kemudian bisa menjadi sarang pertumbuhan bakteri dan memicu peradangan yang berujung pada jerawat. Anda bisa menggunakan manfaat jeruk nipis untuk wajah dalam membantu pencegahan tumbuhnya bakteri penyebab jerawat tersebut. Anda cukup memeras beberapa tetes air jeruk nipis ke kapas, lalu mengoleskannya pada kulit wajah.  
  4. Mengecilkan pori-pori kulit

    Jeruk nipis juga mengandung zat yang bersifat astringen. Astringen berfungsi mengencangkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih di wajah, sehingga kulit wajah tampak lebih mulus. Sebelum menggunakan produk atau bahan alami apapun pada wajah Anda, termasuk jeruk nipis wajib hati-hati. Bahkan perlu diingat bahwa keamanan dan keefektifan manfaat jeruk nipis untuk wajah masih membutuhkan riset yang lebih luas. Sebab itu, pemakaian air jeruk nipis yang aman pada kulit wajah harus memperhatikan hal-hal. Salah satunya, bagi Anda yang memiliki kulit wajah normal dan tidak mengalami masalah wajah tertentu, tak ada salahnya untuk mencoba perawatan kulit alami ini.