Manfaat Beras untuk Perawatan Kecantikan, Melawan Penuaan Dini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mila Novita

google-image
Ilustrasi masker wajah. beautifullearth.com

Ilustrasi masker wajah. beautifullearth.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beras menjadi makanan pokok hampir semua orang di Indonesia. Tapi, kebanyakan pakar kesehatan menyarankan mengurangi konsumsi beras untuk menjaga kesehatan jangka panjang. Nah, mungkin inilah saatnya Anda menggunakannya untuk hal lain, misalnya perawatan kecantikan.

Pakar kecantikan yang menjadi langganan selebriti di India, Bharti Taneja, mengatakan bahwa beras memiliki sifat anti-penuaan yang sangat baik ketika diaplikasikan pada kulit.

“Beras merevitalisasi dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Beras sarat dengan antioksidan yang melawan radikal bebas dan membuat Anda kulit tampak lebih muda. Ini juga membantu mencerahkan kulit,” kata dia dikutip dari Times of India, Sabtu,22 September 2019. Beras dianggap sebagai exfoliator ringan, membuatnya ideal untuk penggunaan sehari-hari.

Taneja menambahkan, "Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan bioaktif penting dalam air beras, yang dihasilkan dari beras yang direbus atau direndam, bermanfaat dalam anti-penuaan."

Air beras untuk perawatan kecantikan awalnya digunakan oleh orang Jepang, Cina, dan Korea. Nivvedita Mahandru, ahli terapi kecantikan dan naturopathic, mencatat bahwa penemuan beras sebagai bahan untuk perawatan kecantikan dimulai baru-baru ini dengan popularitas rejimen perawatan kulit Korea Selatan.

Dia menyarankan untuk menyiapkan krim beras, serum, toner, scrub untuk penggunaan sehari-hari yang dapat disimpan di kulkas selama 10-15 hari. Pilihannya adalah toner air-beras untuk perawatan rutin malam hari yang dapat memberi Anda kulit yang bebas noda dan mengkilap.

Merek kosmetik Korea dan Jepang mulai memasarkan toner air beras di antara lini produk perawatan kulit berbasis beras. Tapi, Anda pun bisa membuatnya sendiri. Taneja menyarankan merendam beras selama 30 menit atau merebus nasi dan lalu saring airnya. Simpan dalam botol semprot dan dinginkan. Semprotkan untuk menyegarkan dan merevitalisasi kulit Anda atau digunakan sebagai kondisioner rambut. Gunakan sebagai pembilas terakhir - diamkan selama 10 menit lalu cuci dengan air.

Tepung beras juga berfungsi sebagai eksfoliator lembut. Caranya, campurkan 1 sendok the tepung besan, bubuk beras, sejumput kunyit, dan sedikit susu. Oleskan di wajah dan biarkan kering. Gosok dan cuci bersih dengan lembut.

Khasiat masker beras ini sama dengan kertas beras yang saat ini banyak digunakan untuk perawatan wajah.

"Karena itu aman untuk semua jenis kulit dan rambut tetapi lebih disukai menggunakan beras organik dan dalam konsentrasi encer,” kata Mahandru.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."