8 Cara Percantik Rumah dengan Dekorasi Tanaman Hijau dan Bunga

Dekorasi tanaman hijau dan bunga di Rumah Beranda karya Sigit Kusumawijaya (Sumber: arsitag.com)

ragam

8 Cara Percantik Rumah dengan Dekorasi Tanaman Hijau dan Bunga

Rabu, 7 Agustus 2019 20:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sedang mencari ide dekorasi hunian dengan sentuhan alami? Cobalah dekorasi tanaman hijau dan bunga. Dua benda dekorasi ini bisa membuat sebuah ruangan di rumah menjadi lebih segar dan hidup dalam seketika. Selain mampu mencerahkan suasana, kedua dekorasi alami ini dapat menjadi mood booster.

Anda bebas untuk menggunakan dekorasi tanaman hijau dalam bentuk dan penataan yang sederhana, ataupun menggunakan bunga-bunga cantik sebagai pusat perhatian dalam sebuah ruangan.

Misalnya, arsitek Sigit Kusumawijaya menggunakan keduanya di ruang keluarga kos-kosan yang dinamai Rumah Beranda. Baik tanaman hijau dengan sulur menjuntai, maupun bunga matahari yang cerah, hingga bunga lili putih yang cantik. Meski bergaya industrial dengan dinding beton ekspos serta rak berbahan besi dan kayu, kehadiran tanaman hijau dan bunga mampu mengimbanginya dengan sentuhan feminin yang cantik. Ruangan pun terasa segar, ceria, sekaligus adem.

Tertarik menempatkan tanaman hijau atau bunga di rumah? Berikut ini inspirasi inspirasi tanaman hijau dan bunga cantik yang telah dikurasi oleh Arsitag

1. Bunga Cantik Penghias Ruang Tamu

Inspirasi dekorasi tanaman hijau atau bunga di rumah. Arsitag.com

Pada umumnya, dekorasi ruangan dengan menggunakan vas bunga yang ditempatkan di atas meja lebih sering dipergunakan di ruang tamu. Anda bisa modifikasi lagi dengan cara menempatkan lebih dari satu vas atau pot bunga cantik di berbagai area ruangan.  Penggunaan bunga berwarna pink dengan latar belakang ruangan yang didominasi warna putih memberikan kesan lembut juga romantis.

2. Dekorasi Tanaman Hijau di Sudut Ruangan

Pot tanaman hijau di ruang keluarga karya HelloEmbryo (Sumber: arsitag.com)

 

Dekorasi tanaman hijau yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menempatkan pot tanaman hijau dengan ukuran yang cukup besar di sudut ruangan. Dalam sekejap, ruangan ini akan terlihat lebih hidup. Penggunaan pot bunga dengan model, desain, atau warna yang unik akan menjadi tambahan dekorasi dalam ruangan.

3. Perindah Ruang Makan dengan Dekorasi Bunga

Rangkaian bunga cantik di tengah meja makan karya BK Architect (Sumber: arsitag.com)

Selain di ruang tamu, pemanfaatan dekorasi tanaman juga dapat ditemukan di ruang makan. Sebuah vas bunga berisi rangkaian bunga-bunga segar akan membuat suasana makan menjadi lebih menyenangkan.

4. Dekorasi Tanaman Hijau untuk Kesan Elegan

Inspirasi dekorasi tanaman hijau di ruang makan karya Denny Setiawan. Arsitag.com

Bila Anda lebih menyukai nuansa hijau, Anda dapat menempatkan vas berisi tanaman hijau di atas meja makan. Jenis vas keramik yang simpel seolah hendak menonjolkan meja kayu solid yang alami dan memberikan kesan akhir sebagai ruang makan yang elegan.

5. Dekorasi Tanaman pada Dinding Tangga

Dekorasi tanaman pada anak tangga di MO House karya DFORM (Sumber: arsitag.com)

Salah satu ide lain yang dapat Anda pergunakan dalam aplikasi tanaman sebagai bagian dekorasi rumah adalah dengan menempatkan pot-pot tanaman pada anak tangga.

6. Tanaman Hijau untuk Dekorasi Rak Dapur

Tanaman hijau sebagai dekorasi dapur karya Dendy Darman (Sumber: arsitag.com)

Dekorasi tanaman ternyata bisa juga diterapkan untuk menghiasi dapur Anda. Pilih jenis tanaman yang Anda sukai atau yang berwarna-warni untuk menarik perhatian. Pilihan penempatan tanaman dan bunga sebagai dekorasi dapat di atas rak, meja, kabinet, dan di berbagai sudut ruangan lain.

7. Dekorasi Tanaman dan Bunga di Jendela Rumah

Dekorasi tanaman hijau atau bunga. Arsitag.com

Manfaatkan area kecil yang ada di dekat jendela rumah untuk meletakkan pot-pot berukuran mini dengan berbagai jenis tanaman hijau dan bunga-bunga cantik di dalamnya. Dekorasi tanaman seperti ini cocok digunakan untuk ruangan berukuran kecil. 

8. Pojok Tanaman

Inspirasi dekorasi tanaman hijau atau bunga di rumah. Arsitag.com

Anda juga bisa menciptakan sebuah area khusus dalam rumah untuk tanaman favorit.  Tempatkan beberapa jenis tanaman yang berbeda, dalam ukuran serta warna yang berbeda pula. Jenis dekorasi tanaman yang dipergunakan dapat disesuaikan dengan selera, dan tidak terbatas pada tanaman hijau semata.

Anda juga bisa mendedikasikan sebuah area khusus dalam rumah untuk tanaman favorit. Tempatkan beberapa jenis tanaman yang berbeda, dalam ukuran serta warna yang berbeda pula. Jenis dekorasi tanaman yang dipergunakan dapat disesuaikan dengan selera, dan tidak terbatas pada tanaman hijau semata.

ARSITAG