4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Ingin Menikah di Luar Kota

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pasangan merencanakan pernikahan. shutterstock.com

Ilustrasi pasangan merencanakan pernikahan. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Untuk sebagian pasangan, menikah di luar kota maupun luar negeri adalah suatu impian. Namun rupanya, bukanlah hal yang mudah untuk merealisasikannya. Dibutuhkan persiapan dan kelengkapan administrasi dalam waktu yang tak singkat. Selain perizinan, Anda harus memikirkan hal-hal detail seperti budget tambahan untuk keluarga hingga kondisi cuaca di masa mendatang. 

Berikut empat hal yang mesti diperhatikan, seperti dilansir dari laman One Fab Day dan Hello Magazine. 

1. Memungkinkan teman hadir

Pernikahan adalah acara yang membahagiakan sehingga Anda pun pasti berharap untuk bisa merayakannya dengan teman-teman. Nah, sebelum memutuskan untuk menikah di kota lain, sebaiknya destinasi yang dipilih harus memudahkan teman-teman untuk hadir. Mungkin Anda bisa memilih kota atau negara tetangga karena lebih dekat.

2. Budget tambahan untuk keluarga

Selain teman, tentu keluarga juga diharapkan untuk hadir dalam acara pernikahan. Apabila perayaan dilakukan tidak di tempat asal, tentu keluarga harus bermalam di penginapan dan bepergian dengan kendaraan umum. Anda menjadi salah satu individu yang wajib bertanggung jawab. Jadi, pertimbangkan budget untuk pengeluaran keluarga, sebelum memutuskan menikah di luar kota dan luar negeri.

3. Memikirkan cuaca

Jika Anda dan pasangan tidak menikah di kota asal, hal lain yang harus diperhatikan adalah cuaca. Sebab, asal memilih waktu bisa menjadi masalah. Khususnya apabila Anda ingin menikah di kota atau negara dengan empat musim.

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih musim gugur atau semi saja, sebab keduanya sangat baik untuk menggelar acara seperti pernikahan. Sebaliknya, lupakan musim dingin dan panas lantaran bisa mengganggu berjalannya acara seperti kedinginan atau kepanasan.

4. Memperhatikan cara berkomunikasi dengan vendor

Untuk meminimalisasi kesalahan, tempat acara, gaun, dekorasi dan sebagainya harus dibahas secara jelas dan mendetail. Sebab, kemungkinan besar Anda hanya bisa melakukan koordinasi dengan vendor melalui pesan singkat, telepon, dan video. Kondisi ini berbeda saat Anda menikah di kota asal, karena lebih mudah untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan vendor.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."