5 Tip Memilih Lipstik yang Tepat untuk Anjangsana Lebaran

Ilustrasi lipstik.

kecantikan

5 Tip Memilih Lipstik yang Tepat untuk Anjangsana Lebaran

Selasa, 4 Juni 2019 20:30 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Dini Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Beranjangsana saat lebaran merupakan momen yang tepat bagi kaum hawa untuk tampil maksimal lewat pemilihan lipstik yang tepat. Lipstik seolah-olah benda ajaib bagi sebagian besar perempuan yang mampu menaikkan rasa percaya diri, sekaligus mengoreksi penampilan.

Baca: Tips Memulas Lipstik Terlihat Penuh Seperti Mak Vera

Namun, tak semua perempuan berani bereksperimen dengan berbagai warna dan jenis lipstik. Sebagian besar cenderung nyaman dengan lipstik yang itu-itu saja, yang sudah sering dipakai sehari-hari untuk bekerja atau hang out bersama teman. Padahal, tren warna dan jenis lipstik berkembang setiap tahun.

Agar tak ragu memilih lipstik apa untuk digunakan ketika beranjangsana nanti, simak tip di bawah ini:

1. Cek tone kulitSebelum memilih lipstik yang akan digunakan, ada baiknya mengecek warna kulit terlebih dahulu. Hal ini sangat diperlukan sebagai dasar untuk menentukan warna lipstik yang tepat. Seseorang dengan skin tone terang akan terlihat serasi menggunakan lisptik berwarna nude, peach, dan coral. Kebalikannya, seseorang dengan pemilik skin tone sawo matang terlihat menawan dengan lipstik berwarna merah.

Baca juga: Rahasia Bibir Merah Kang Daniel, Mau Coba?

2. Perhatikan warna rambutMemperhatikan warna rambut tidak hanya berlaku untuk memilih warna busana yang tepat. Memilih warna lisptik yang tepat juga harus disesuaikan dengan warna rambut. Seseorang yang memiliki rambut berwarna gelap cocok menggunakan lipstik dengan pulasan warna pink, atau kecokelatan. Namun, jika rambut Anda berwarna terang, akan terlihat apik jika menggunakan lipstik dengan pulasan warna sedikit gelap.

3. Amati warna gigiSelain skin tone, dan warna rambut, warna gigi juga akan mempengaruhi hasil akhir pulasan warna lipstik di bibir Anda. Jika merasa sangat yakin gigi Anda berwarna putih cemerlang, tak perlu khawatir menggunakan apa pun warna lipstik. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memakai lipstik berwarna terang jika gigi Anda berwarna kekuningan. Ini salah satu alasan beberapa perempuan rela melakukan apa saja untuk memiliki gigi berwarna putih cemerlang.

4. Pilih lipstik matte yang tidak mudah meninggalkan bekasSaat beranjangsana nanti, Anda tak dapat menghindar dari ritual cipika cipiki. Bahkan saking rindu dan gemasnya, bisa jadi Anda akan mencium keponakan yang masih balita dengan kencang. Lipstik matte yang tidak mudah meninggalkan bekas akan jadi pilihan terbaik untuk Anda. Selain itu, lipstik matte juga cenderung lebih tahan lama sehingga tak perlu berkali-kali touch up.

Artikel lainnya: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memakai Lipstik Nude

5. Pilih lipstik matte yang tidak membuat bibir keringPilih lipstik matte yang mengandung pelembap alami seperti shea butter yang mencegah bibir menjadi kering. Saat ini sudah banyak lipstik matte dari brand-brand lokal yang memiliki formula khusus yang menjaga kelembapan bibir Anda setelah memakai lipstik itu seharian.