8 Manfaat Kurma Hitam untuk Kesehatan Tubuh, Kulit, dan Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Kurma Hitam. Stylecraze.com

Kurma Hitam. Stylecraze.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kurma adalah buah kering yang lembut dan manis yang cukup populer di daerah gurun Mediterania, Timur Tengah dan Asia. Buah ini ditemukan pada pohon kurma dalam tandan yang disebut drupes dan umumnya dikeringkan sebelum dikonsumsi. Kurma memiliki rasa manis yang unik dan tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna, yang bervariasi dari satu daerah ke daerah lain.

Baca juga: Jangan Salah Beli Kurma, Perhatikan Dulu Hal-hal Berikut

Melansir laman Style Craze, menurut Dasman Institute, makanan pokok yang telah lama dikenal ini sangat populer dengan manfaat kesehatan dan gizi yang tak terhitung jumlahnya. Biasanya dikonsumsi saat Ramadan di mana umat Islam berpuasa untuk waktu yang sangat lama. Kurma sering dikonsumsi untuk berbuka puasa dan manisnya yang unik mencegah seseorang makan berlebihan setelah ia berbuka puasa.

Kurma, terutama varietas hitam, mengandung zat besi, kalsium, belerang, tembaga, mangan, magnesium, fosfor, asam folat, setrika, gula, protein dan vitamin. Kurma hitam kaya akan serat alami, berikut ini manfaat kurma hitam untuk kebugaran fisik Anda secara keseluruhan.

#1. Membantu pencernaan:
Buah kering ini mengandung serat makanan yang larut dan tidak larut. Menurut berbagai penelitian, serat tak larut dalam kurma hitam inilah yang membantu memperlancar pencernaan dengan meningkatkan laju makanan yang melewati saluran pencernaan. Di sisi lain, serat larut menurunkan kadar kolesterol tinggi, terutama LDL tidak sehat atau lipoprotein densitas rendah; ini, pada gilirannya, mengontrol kadar gula darah pada pasien yang menderita diabetes atau kadar insulin tinggi.

#2. Peningkatan energi:
Menurut Dewan Informasi Makanan Eropa, kurma hitam mengandung karbohidrat majemuk dan gula alami seperti sukrosa, glukosa dan fruktosa. Karena komponen-komponen ini, kurma digunakan sebagai sumber energi instan dan tahan lama.

#3. Nutrisi tubuh
Kurma, terutama yang hitam mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk beberapa fungsi tubuh, bersamaan dengan produksi sel darah merah dan reaksi metabolisme. Selain mengandung vitamin A, B-1, B-2, B-3 dan B-5, buah kering ini terdiri dari mineral seperti besi, tembaga, kalsium, magnesium, dan belerang.

#4. Jantung sehat:
Ketika berbicara tentang kebugaran fisik secara keseluruhan, jantung Anda memainkan peran yang sangat penting. Semua kurma, terlepas dari ukuran, bentuk dan warnanya, mengandung natrium dalam jumlah rendah dan kalium dalam jumlah tinggi. Bahan-bahan ini membantu Anda dalam menjaga sistem saraf yang sehat dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung.

#5. Kulit Sehat & Bercahaya
Semua orang ingin memiliki kulit yang sehat dan bercahaya. Bagaimanapun, kulit yang baik adalah indikasi gaya hidup yang baik dan sistem pencernaan yang sehat. Alih-alih mencoba krim berbasis kimia itu, masker wajah dan salep, pertimbangkan untuk mencoba beberapa obat alami.

#6. Tidak Langsung Membantu Kulit:
Dokter atau dokter kulit sering merekomendasikan camilan berserat tinggi seperti biji, kacang-kacangan dan buah-buahan kering seperti buah ara dan kurma hitam. Mengkonsumsi kurma secara teratur membantu meningkatkan sistem pencernaan Anda, yang jelas terlihat pada kulit Anda.

#7. Mengobati Rambut Rontok & Kondisi Rambut Kering:
Saat ini, pria maupun wanita sangat sadar tentang penampilan atau penampilan luar mereka. Baik itu kehidupan pribadi atau profesional, ketampanan sangat berarti. Dalam hal kecantikan atau penampilan, warna, kerapatan, dan gaya rambut Anda sangat berarti. Apakah Anda mengalami kerontokan rambut atau masalah rambut kering, perencanaan diet yang baik adalah suatu keharusan. Alih-alih mencoba masker dan lotion rambut kuno itu, pertimbangkan untuk melihat diet harian Anda.

#8. Menjaga rambut kuat dan sehat
Ketika Anda makan dan tidur nyenyak, itu tentu terlihat pada penampilan luar Anda. Kurangi makanan cepat saji; makan sesuatu yang kaya serat dan mineral alami. Dokter sering merekomendasikan konsumsi setidaknya dua kurma hitam setiap hari. Namun, Anda tidak dapat mengharapkan keajaiban dalam semalam; seiring waktu, itu pasti akan memberi Anda rambut yang kuat dan sehat.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."