Manfaat Berbuka Puasa dengan Minuman Hangat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
ilustrasi minuman panas/ dok. Rika Ekawati

ilustrasi minuman panas/ dok. Rika Ekawati

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setelah seharian berpuasa, kita selalu membayangkan buka puasa dengan minuman yang segar. Minuman dingin pun menjadi favorit untuk melepaskan dahaga setelah menahan haus selama lebih dari 13 jam berpuasa.

Meski demikian, kenyataannya banyak ahli menganjurkan agar berbuka puasa dengan mengonsumsi minuman hangat. Pasalnya, berbuka dengan minuman hangat memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh yang akan membuat badan selalu sehat dalam menjalani ibadah puasa selama Ramadan.

Artikel lain:
Buka Puasa dengan Air Kelapa, Ini Manfaat untuk Kesehatan
Ahli Sarankan Ganti Menu Buka Puasa yang Manis dengan yang Sehat

#Membuat lambung lebih nyaman
Seharian berpuasa akan membuat kerja lambung melambat. Itulah mengapa kita akan sering merasa perut menjadi kembung dan penuh. Jika berbuka langsung minuman dingin maka lambung bisa berkontraksi dan menjadi lebih perih. Jadi, untuk membuat lambung lebih nyaman, sebaiknya berbuka dengan minuman hangat terlebih dulu.

#Melancarkan pencernaan
Saat berpuasa tentu saja terjadi perubahan yang cukup besar pada sistem pencernaan. Perubahan pola makan itu akan membuat pencernaan rentan bermasalah. Daripada khawatir dengan gangguan pencernaan, jaga dengan rajin mengonsumsi minuman hangat. Sistem pencernaan akan segera aktif. Selain itu, metabolisme juga akan meningkat dengan minuman yang hangat.

#Melancarkan peredaran darah
Berbuka dengan minuman hangat juga sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Aliran darah yang lancar akan membuat tubuh kembali bertenaga dan tak akan lemas lagi sebab setelah berpuasa seharian maka tubuh akan mudah lelah dan lemas. Jadi, jika tak ingin mengantuk setelah berbuka, cobalah minuman hangat.

#Membuat berat badan selalu stabil
Di bulan puasa ini tak sedikit orang yang mengalami kenaikan berat badan dan bisa disebabkan kita tak sadar telah makan sangat banyak untuk membalas dendam setelah seharian berpuasa. Daripada hanya mengonsmsi makanan dan minuman manis yang bisa membuat berat badan naik, lebih baik ganti dengan minuman hangat seperti air putih hangat. Pasalnya, air putih hangat telah menjadi rahasia sukses banyak orang untuk menurunkan berat badan.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."