Sama Hijau, Lebih Sehat Mana, Bayam atau Kale?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
bayam (pixabay.com)

bayam (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sayuran berdaun hijau seperti kale dan bayam mengandung vitamin dan nutrisi penting untuk tubuh. Kedua makanan ini bisa melawan kanker, meningkatkan fungsi pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung, dan mencegah gangguan mental.

Keduanya juga menjadi bahan paling umum digunakan dalam salad. Namun, antara bayam dan kale, mana yang lebih menyehatkan? Berikut paparannya versi Medical Daily.

#Kale
Sayuran ini kaya vitamin A dan C serta sumber nutrisi penting yang baik, seperti serat, folat dan kalsium. Ahli gizi Torey Armul mengungkapkan, secangkir kale cincang mengandung 133 persen dari asupan harian vitamin A dan C yang direkomendasikan.

Menurut Database Nutrien Nasional Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu porsi kale menyediakan hingga 7 kalori, 0,61 gram protein, 0,31 gram lemak, 0,93 gram karbohidrat, 0,9 gram serat, 0,21 gram gula, 53 miligram gula, kalsium, 1011 IU vitamin A, 10,2 gram vitamin C dan 13 mikrogram folat.

Baca juga:
Resep Olahan Bayam Kekinian, Ada Saus Putihnya
Tak Cuma Sehat DImakan, Bayam Juga Oke buat Kecantikan

#Bayam
Sayuran ini mengandung 25 kalori, 2,8 gram protein, 0,8 gram lemak, 1,6 gram karbohidrat dan 2,8 gram serat. Tak hanya itu, bayam juga mengandung vitamin K, vitamin A, vitamin C dan folat seperti kale. Sayuran ini kaya nutrisi penting seperti zat besi, vitamin B2, magnesium dan mangan.

Bayam dikenal mampu memulihkan energi, meningkatkan kualitas darah dan meningkatkan vitalitas. Manfaat kesehatan terbaiknya adalah meningkatkan fungsi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, meningkatkan produksi energy, dan meningkatkan sintesis DNA.

Kesimpulan
Baik kale maupun bayam pada dasarnya bagus untuk tubuh. Pilihan setiap orang bisa berbeda tergantung pada vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh mereka. Jika ingin lebih banyak folat, vitamin K dan zat besi untuk meningkatkan kesehatan darah, bayam adalah pilihan yang lebih baik. Sementara jika ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kale adalah pilihan yang lebih baik karena kaya akan vitamin A dan C.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."