Cuti Minimal Ikuti 5 Tips Memaksimalkan Libur Lebaran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi liburan keluarga (pixabay.com)

Ilustrasi liburan keluarga (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi setiap pekerja libur Lebaran sangat dinantikan. Tak sedikit yang memanfaatkan jatah cuti untuk memperpanjang libur Lebaran. Namun ada juga yang merasa libur Lebaran kadang terlewat begitu saja.

Baca juga: Tips Merencanakan Libur Lebaran dengan Anak-anak

Salah satu faktor utamanya, jatah cuti yang sedikit untuk Lebaran saja. Meski liburan yang sebentar, bukan berarti membuat Lebaran Anda tak menyenangkan. Lantas, bagaimana agar libur Lebaran yang hanya sebentar bisa terasa maksimal? Ikut beberapa rencana sederhana berikut ini. 

#1. Jangan sampai liburan yang singkat terganggu urusan pekerjaan. Pastikan sebelum liburan Lebaran Anda sudah menyelesaikan semua pekerjaan. Rapikan barang-barang dan dokumen penting di meja kerja Anda. Simpan semuanya di tempat aman, bawa pulang benda-benda penting.

#2. Biasanya para pekerja memanfaatkan jatah liburan Lebaran untuk mudik. Fokuskan pada urusan silaturahmi. Bukankah esensi utama saat mudik Lebaran adalah untuk bersilaturahmi dengan saudara dan kerabat jauh? Tanpa bertatap wajah secara langsung pun, Anda tetap bisa menyambung tali silaturahmi dan bermaaf-maafan dengan keluarga di kampung halaman dengan telepon, SMS, atau jejaring sosial.

#3. Putar otak demi memaksimalkan libur yang tak begitu panjang. Jika liburan keluar kota atau mudik tak memungkinkan, cari kegiatan menarik yang bisa dilakukan di dalam kota. Ingat, saat libur Lebaran ada tempat-tempat dan jalur perjalanan yang rawan keramaian dan macet parah. Berkunjung ke tempat wisata yang terlalu penuh berpotensi membuat liburan tak menyenangkan.

#4. Liburan tak berarti harus bepergian ke tempat wisata. Anda bisa menghabiskan waktu dengan keluarga di rumah atau menginap di rumah saudara dan melakukan kegiatan santai jauh lebih menyenangkan. Misalnya menonton film favorit bersama, mencoba resep-resep makanan baru, bermain bersama anak-anak lebih ampuh membuat Anda gembira, jauh dari rasa penat, membuat Anda santai dan segar.

#5. Sebaiknya sisakan waktu untuk istirahat sebelum kembali bekerja. Jangan melakukan kegiatan berat sehari sebelum kembali ke kantor. Kalau liburan Anda terasa menyenangkan, pikiran tenang, saat kembali bekerja merasa bersemangat, berarti Anda sudah memaksimalkan libur Lebaran.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."