Tips Mencegah Makan Berlebihan di Hari Lebaran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi menimbang berat badan. Shutterstock

Ilustrasi menimbang berat badan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari Lebaran identik dengan silaturahmi dan saling bermaafan. Tak hanya silaturahmi, momen makan bersama juga dilakukan di hari kemenangan. Beragam hidangan khas Lebaran di antaranya, ketupat, opor, rendang, serta camilan dan minuman. 

Baca juga: Pilih Baju Lebaran, Ini Tips Desainer Langganan Keluarga Jokowi

Hidangan khas Lebaran itu juga ditemui di rumah orang tua, tetangga atau kerabat yang kita datangi. Rencana diet pun bisa berantakan, karena setidaknya setiap silaturahmi, Anda biasanya ditawari makan. Jika tidak menginginkan itu terjadi, ada beberapa tips yang dapat dilakukan. 

Pertama, fokus pada orang-orang yang Anda temui, bukan makanan yang disajikan. Jangan buat pengecualian atau pembenaran dengan berkata, Ah, tidak setiap hari seperti ini juga, kan?

Jika Anda tuan rumahnya tentu menguntungkan karena Anda bisa menyediakan makanan pilihan yang aman. Hal yang perlu diingat sebelum berkeliling ke rumah kerabat, sebaiknya makan terlebih dulu di rumah. Jadi Anda tidak akan bertamu dalam keadaan sangat lapar. Ini berbahaya!

Selain itu, pilih makanan dan bersantaplah secara bijak. Jangan segalanya dicicipi, jangan pula dalam porsi besar. Makan perlahan bisa membuat Anda tidak sempat mencicipi hidangan lainnya. Hindari minuman sirup atau soda untuk melepas dahaga. Air mineral gelas pilihan yang tepat. Berbagilah jika ada kelebihan makanan. Jangan menimbun untuk esok hari. Diet Anda terus berlanjut setelah hari raya, kan?

Jangan lupa untuk tetap aktif di pertemuan keluarga. Misalnya, mengobrol dengan para orang tua, bercanda dengan keponakan, dan kegiatan lainnya yang menjauhkan Anda dari makanan. Terakhir, beri penghargaan terhadap diri Anda sendiri jika berhasil diet di hari raya. Pergi ke bioskop atau belanja di mal, boleh-boleh saja untuk menghabiskan sisa liburan Lebaran.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."