Awas, Lipstik dan Makanan Pedas Bisa Sebabkan Bibir Kering

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi mengenakan Lip Balm atau mengoleskan lipstik pada bibir dengan menggunakan jari. womenpla.net

Ilustrasi mengenakan Lip Balm atau mengoleskan lipstik pada bibir dengan menggunakan jari. womenpla.net

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bibir kering sering dialami orang yang banyak menghabiskan waktu di ruang berpendingin atau pergi ke tempat bercuaca dingin. Bibir orang yang berpuasa pun sering kering karena kurang cairan.

Kesalahan yang sering dilakukan adalah membiarkannya atau mengelupas kulit bibir yang kering sehingga bibir pun berdarah. Namun, banyak pula orang yang sudah menyiapkan balsam atau pelembab bibir untuk mengatasi masalah tersebut.

Tapi ingat, ada beberapa kesalahan lain yang juga membuat kondisi bibir tidak membaik meski sudah diberi pelembab. Lalu, apa penyebab bibir kering dan pecah-pecah? Berikut pendapat para pakar yang disampaikan kepada Glamour.

Baca juga:

Tips dari Vlogger agar Bibir Tak Kering karena Lipstik Matte


Tips Melembapkan Bibir yang Kering dan Pecah-pecah

#Formula yang tak tepat
Balsam atau pelembab bibir menjadi tidak berguna karena kandungan formula yang tidak tepat dan bahkan mengakibatkan iritasi. Menurut dermatolog Joshua Zeichner, produk untuk bibir yang mengandung mentol justru akan mengakibatkan bibi kering dan radang. Ia menyarankan produk tanpa pewangi dan rasa.

#Selalu memakai lipstik
Wanita ingin selalu tampil cantik tapi bukan berarti harus memakai pemulas bibir 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Pelembab bibir justru lebih diperlukan daripada pemulas berwarna. Gunakan pelembab ketika akan tidur dan sebelum keluar rumah.

#Memakai pelembab berkali-kali
Bibir yang diberi balsam atau pelembab berkali-kali justru hasilnya tidak baik karena akan merusak khasiat balsam tersebut. Bibir yang kering saja sudah menjadi tanda bagian mulut ini butuh pelembab. Tapi bila terus menerus justru akan mengurangi kadar minyak alami bibir.

#Terlalu sering digosok
Menggosok bibir atau skrub untuk membuang kulit mati dari bibir memang tak ada salahnya. Tapi bila dilakukan setiap hari, hasilnya tentu tidak baik. Menurut dermatolog Elizabeth Tanzi, menggosok bibir cukup sekali seminggu. Bila terlalu sering justru akan membuat bibir bertambah kering.

#Menjilat bibir
Menjilat bibir ketika kering kelihatannya memang refleks, dengan harapan bibir bisa kembali basah. Padahal, kenyataannya tidak demikian. Menurut Tanzi, menjilat bibir yang kering akan membuat kondisinya lebih buruk dan menjadi lebih kering, bahkan menyebabkan eksim.

#Makanan pedas
Menyantap makanan pedas ketika bibir dalam keadaan kering tidak dibenarkan. Makanan pedas memiliki kecenderungan “membakar” mulut dan membuat kondisi bibir yang sudah terluka semakin parah.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."