Tips agar Buka Puasa Bersama Tak Sampai Mengabaikan Ibadah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi buka puasa. Robertus Pudyanto/Getty Images

Ilustrasi buka puasa. Robertus Pudyanto/Getty Images

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memasuki minggu kedua Ramadan, undangan buka puasa bersama semakin menumpuk. Tentu saja fokus di Ramadan lebih ke ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah.

Namun, Ramadan juga menjadi waktu yang tepat untuk bersilaturahmi bersama teman-teman dan keluarga. Dilansir dari Productive Muslim, berikut tips yang bisa membantu membagi waktu selama Ramadan, terutama untuk buka puasa bersama.

Artikel terkait:
7 Hal yang Tak Boleh Diabaikan saat Buka Puasa Bersama

Pertama, buat jadwal selama Ramadan. Buka puasa bersama bukan berarti lupa salat, terutama tarawih. Bahkan, buka puasa bersama bisa menjadi waktu untuk bisa mengajak teman-teman dan keluarga salat bersama.

Kedua, buka puasa bersama juga akan lebih baik bila dilakukan di rumah. Tidak perlu menghabiskan berjam-jam di lalu lintas untuk pergi ke masjid yang jauh. Pilih masjid yang ada di sekitar saja. Setelah tarawih, sebaiknya gunakan waktu untuk keluarga. Untuk yang sudah memiliki anak-anak, pastikan kalau mereka mengetahui kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama Ramadan.

Ketiga, pastikan kalau fokus silaturahmi bukan mengenai hal-hal yang materialistis. Bila tidak bisa mengeluarkan uang banyak untuk buka puasa bersama, jangan merasa minder. Buka puasa bersama juga bukan menjadi tempat untuk menggunakan busana terbaru dan termahal atau pamer kehidupan dan kekayaan. Fokus harus tetap pada ibadah dan mendekatkan diri pada Allah. Buka puasa bersama bisa menjadi wadah untuk melakukan hal tersebut bersama teman-teman terdekat atau keluarga.

Baca juga:

Cara Buka Puasa Seru, Bermanfaat Buat Sendiri dan Orang Lain

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."