Perempuan Pejuang Ekonomi Keluarga, Sosok Kartini Sesungguhnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi pekerja wanita. REUTERS

Ilustrasi pekerja wanita. REUTERS

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menilai saat ini banyak perempuan hebat yang jarang bersuara, tetapi memiliki penuh karya.

"Nilai-nilai Kartini masa kini terus digeliatkan para perempuan dari seluruh lapisan elemen dalam status sosial ekonomi level apapun," ujarnya.

Menurutnya, peringatan Hari Kartini setiap 21 April menjadi momentum refleksi tentang peran dan kekuatan perempuan di Indonesia. Ia memisalkan, ibu-ibu berjualan sayur di pasar atau berjualan gorengan yang merupakan contoh dari para pejuang ekonomi keluarga dan merupakan sosok Kartini sesungguhnya sekarang.

Artikel lain:
Makna Hari Kartini Kini, Bukan Hanya Mengenai Edukasi

"Mereka memiliki kontribusi yang sangat besar ketika menyisihkan keuntungan sedikit untuk biaya pendidikan anak-anak. Merekalah perempuan hebat tanpa suara yang sebenarnya penuh karya," ucapnya.

Selain berjuang untuk keluarga, mereka juga perempuan-perempuan yang memiliki kontribusi besar dalam pemberdayaan masyarakat bangsa dan negara.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. ANTARA FOTO/Moch Asim

"Para ibu itu adalah pahlawan seperti Kartini yang juga berjuang untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia mulai dari keluarga kecilnya," kata gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.

Selain itu, ketua umum PP Muslimat NU tersebut juga menyarankan para perempuan Kartini masa kini harus menjadi kesatuan yang sama-sama berjuang untuk membangun kualitas sumber daya manusia dan ekonomi bangsa. Bukan hanya ibu-ibu dan perempuan yang ada di kawasan perkotaan, juga di daerah pedalaman, di kepulauan terpencil, bahkan di daerah perbatasan.

"Mereka harus berjejaring dengan yang ada di kota, seperti sektor perbankan, legislative, dan eksekutif. Semua jejaring itulah yang akan meneguhkan ketahanan maupun kekuatan masyarakat bangsa dan negara," katanya.

Mantan Menteri Sosial itu menyebut keteladanan sosok Kartini masa kini bisa diwujudkan dalam banyak hal, terutama dengan meneladani sikap keteguhan, ketegaran dan juga keberaniannya.

"Selamat Hari Kartini. Kartini hari ini adalah Kartini yang mampu menghadapi berbagai dinamika kehidupan di manapun berada dan dalam status sosial ekonomi selevel apapun," kata Khofifah.

Baca juga:
Hari Kartini, Artika Sari Devi Ajarkan Anak Membela Diri

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."