Cara Artika Sari Devi Mengajarkan Anak Percaya Diri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Artika Sari Devi berfoto bersama suami, Ibrahim Imran dan dua anaknya, Sarah Ebiela Ibrahim dan Dayana Zoelie Ibrahim. Instagram

Artika Sari Devi berfoto bersama suami, Ibrahim Imran dan dua anaknya, Sarah Ebiela Ibrahim dan Dayana Zoelie Ibrahim. Instagram

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Artis Artika Sari Devi sudah mengajarkan kedua putrinya agar bisa merasa percaya diri sejak kecil. Ibu dari Sarah Ebiela Ibrahim, 9 tahun, dan Dayana Zoelie Ibrahim, 5, ini mengajarkan anaknya untuk bisa percaya diri dengan meningkatkan bonding atau kedekatan.

Dengan meningkatkan bonding, Artika membangun rasa percaya diri di anak-anak dalam beraktivitas dan juga dengan memberikan pendapat. Artika dan suaminya, Ibrahim Imran atau Baim, memang sibuk dengan pekerjaan. Namun, keduanya selalu bisa menyempatkan waktu untuk bonding atau meningkatkan kedekatan dengan anak-anak.

Baca juga:

Artika Sari Devi Syok Anak Mengalami Gangguan Pertumbuhan

“Yang penting kita tidak pernah putus komunikasi sesibuk apapun. Kita juga harus investasi waktu dan saya harus terbuka dengan anak-anak,” tutur Artika di Jakarta Selatan, Sabtu, 20 April 2019.

Dengan meningkatkan bonding, dia juga mengajarkan anak-anak untuk menjadi perempuan yang percaya diri.

Artika Sari Devi. TEMPO/Nurdiansah

“Biasanya aku suka tanya ke anak-anak sebelum tidur, tentang kegiatan mereka hari ini apa. Kalau aku sibuk atau terlihat lagi jarang senyum, mereka juga kadang mengkritik aku. Jadi dengan membuka komunikasi, anak-anak bisa lebih berani untuk berpendapat,” lanjut Artika.

Selain dengan bonding, dia juga membiarkan anaknya mencoba berbagai macam aktivitas. Artika menjelaskan kalau kedua anaknya memiliki kepribadian yang sangat berbeda. Anak pertamanya, lebih introvert dan seringkali mencurahkan perasaan dan pemikiran melalui tulisan. Sedangkan anak keduanya, berani menyuarakan pendapat langsung atau menggunakan gambar.

Namun, Artika membiarkan kedua anaknya menggunakan cara masing-masing untuk mengungkapkan pemikiran dan perasaan. Bonding juga membuat anak merasa dicintai oleh orang tua. Hal tersebut memudahkan anak-anak untuk memiliki rasa kasih sayang pada diri sendiri.

“Anak saya dua-duanya perempuan, belum baligh, tapi dari kecil mereka harus punya self love sama diri sendiri. Bukan orang dewasa saja yang perlu menghargai diri sendiri,” tuturnya.

Artikel lain:

Artika Sari Devi Senang Putrinya Kini Mulai Menunjukkan Ekspresi

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."