Tips Perawatan Kulit: Ini Waktu yang Tepat Membersihkan Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi membersihkan wajah. Shutterstock.com

Ilustrasi membersihkan wajah. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu rutinitas perawatan kulit wajah yang wajib dilakukan setiap hari adalah membersihkan wajah. Biasanya rutinitas pembersihan wajah dilakukan dengan menggunakan cleanser, lalu dilanjutkan dengan rangkaian skincare yang lain.

Baca juga: Tren 2 Tahap Membersihkan Wajah, Pilih Bahan yang Tepat

Namun, ada satu hal yang patut diperhatikan sebelum membersihkan wajah yaitu waktu yang tepat untuk membersihkannya. Kebanyakan orang biasanya memilih untuk membersihkan wajah menjelang tidur. Padahal, penelitian dari Pusat Regulasi Genomik justru mengungkapkan bahwa membersihkan wajah lebih baik dilakukan sebelum matahari terbenam. 

Menurut penelitian tersebut, waktu sebelum matahari terbenam berdasarkan dari ritme sirkadian atau jam internal. Kulit kita memiliki waktunya sendiri untuk memperbaiki diri dan waktu itu adalah menjelang malam hari. Ketika malam hari, tubuh akan mulai beristirahat dan sel pada tubuh secara otomatis akan memproduksi sel-sel yang baru lagi.

Artikel lain: 5 Hal yang Harus Diperhatikan agar Wajah Sehat Berseri

Maka dari itu, membersihkan wajah lebih awal akan melindungi kulit dari kerusakan dan gejala penuaan dini. Tak hanya itu saja, serum yang kamu gunakan sehari-hari juga akan menyerap lebih sempurna dan bekerja secara maksimal jika diaplikasikan lebih awal.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."