Soraya Haque Sebut Beda Model Zaman Dulu dan Sekarang

Soraya Haque. Instagram.com/@sorayahaque

karir

Soraya Haque Sebut Beda Model Zaman Dulu dan Sekarang

Minggu, 17 Maret 2019 15:40 WIB
Reporter : Silvy Riana Putri Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Nama Soraya Haque mudah diingat oleh masyarakat berkat profesi modelnya yang dirintis sejak era 1980-an. Setelah tidak aktif di pagelaran mode, Soraya mendirikan sekolah model dan menggeluti dunia presenter dan pembicara di acara televisi maupun off air.

Sebagai salah satu model kawakan di Indonesia, Soraya mengapresiasi pertumbuhan dunia model yang pesat dan  beragam.

“Sekarang dunia fashion sudah masuk industri sehingga memang perlu model-model yang beragam, badannya juga lebih keren, lebih tinggi, dan frekuensi kerja yang tinggi pula. Apresiasinya juga berbeda,” tutur Soraya saat ditemui di acara ISWI Fashion Academy di Jakarta Pusat, Jumat, 15 Maret 2019.

Baca juga:Soraya Haque Ingin Menua Tanpa Wajah seperti Boneka Plastik

Ketika bicara soal tingkat disiplin seorang model, Soraya menjelaskan tidak ada perbedaan zaman dulu atau sekarang.

“Kalau bicara disiplin atau tidaknya seorang model itu ada dua faktor penentunya. Agensi yang mengatur dan model itu sendiri dalam menyikapi model sebagai profesi,” jelas ibu tiga anak ini.

Soraya Haque. Instagram.com/@sorayahaque

Meski tidak ada perbedaan tentang disiplin, Soraya melihat ada tantangan yang berbeda model di masa kejayaannya. “Waktu zaman kami harus menyiapkan semua sendiri, mulai dari peralatan, sepatu, makeup, dan atur rambut sendiri. Kalau sekarang, para model sudah banyak difasilitasi penata rias dan rambut profesional. Tinggal bawa badan dan keperluan pakaian dalam pribadi,” tuturnya.

Soraya kembali mengenang, “Satu lagi yang membedakan di era saya, model zaman sekarang tidak terlalu banyak koreografi. Kalau dulu kami jalan dengan menghafal sejumlah gerakan dari koreografer. Tingkat kesulitannya cukup tinggi. Dulu kami punya catatan kecil masing-masing di belakang panggung. Sambil ganti baju, menghafal lagi, dan ngepasin dengan tempo musik, meski sudah gladi resik sebelumnya. Karena model sudah jadi industri, sekarang tidak terlalu banyak memakai gerakan-gerakan seperti dulu lagi.”

Artikel lain:Kiat Bugar Soraya Haque, Pilih Lari dan Makanan Berserat