Cara Mengetahui Tahapan Sekolah yang Sesuai untuk Anak Jenius

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Audrey Yu. audreyyujiahui.com

Audrey Yu. audreyyujiahui.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap anak memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda. Sebagai orang tua yang menginginkan anak untuk mendapatkan pendidikan terbaik tentu harus mengetahui tahapan sekolah yang sesuai dengan masing-masing anak, terutama bila memiliki anak jenius seperti Audrey Yu Jia Hui, wanita asal Surabaya yang berhasil lulus SMA di usia 13 tahun.

Lalu, bagaimana orang tua bisa mengetahui tahapan sekolah yang sesuai dengan anak? Dilansir dari Very Well Family, banyak orang tua yang merasa ragu untuk membuat anak mengikuti pelajaran yang lebih tinggi dari teman-teman sebaya.

Artikel lain:
Kisah Audrey Yu, Bagaimana Cara Menghadapi Anak Jenius?

Namun, orang tua yang memiliki anak jenius juga takut anaknya akan merasa terlalu bosan di tingkat yang sama dengan teman sebaya. Tidak ada jawaban sederhana untuk situasi seperti ini. Orang tua perlu menggunakan pengetahuannya tentang anak dan melihat opsi yang tersedia untuk anak di sekolah setempat. 

Untuk membuat keputusan ini, Anda sebagai orang tua perlu melihat berbagai faktor penting. Pertama, Anda bisa melihat kecerdasan anak melalui IQ (kecerdasan intelektual). Bila anak memang memiliki IQ tinggi dan bisa menghadapi pelajaran yang lebih sulit, memindahkan anak ke kelas dengan teman-teman yang lebih tua memang bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari anak merasa bosan di sekolah. 

Namun, bukan hanya kecerdasan intelektual saja yang perlu dilihat. Orang tua juga harus melihat kecerdasan mental. Dalam sisi sosial, apakah anak sudah siap untuk berinteraksi dengan anak-anak yang lebih tua?

Bila memang sudah siap, anak bisa pindah ke kelas yang lebih tinggi. Selain itu, Anda juga perlu membicarakan keputusan ini dengan anak dan menjelaskan hal-hal seperti apa yang mereka harus hadapi bila naik ke kelas yang lebih tinggi. Tentunya kebanyakan anak dianjurkan untuk ikut kelas dengan teman-teman sebaya karena lebih mudah untuk membangun kecerdasan intelektual dan emosional.

Baca juga:
Cara Melihat Tanda Orang Genius dari Kebiasaannya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."