Langkah yang Paling Sederhana Mencegah Komedo Muncul di Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi komedo. Shutterstock.com

Ilustrasi komedo. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Komedo kadang lebih sulit dihilangkan jika dibandingkan dengan jerawat. Bahkan lebih cepat muncul setelah dibersihkan. Sebab itu wajah yang sudah bersih dari komedo harus rajin dibersihkan secara teratur untuk mencegah komedo muncul lagi. 

Baca juga: Kiat Membasmi Komedo dengan Kombinasi Baking Soda dan Pore Pack

Dokter kulit Irmadita Citrashanty mengatakan komedo terbentuk karena debu, minyak, dan bakteri tak terlihat yang tidak terangkat sempurna saat proses pembersihan berlangsung. "Bersihkan wajah dua kali sehari dengan metode double cleansing. Selain mengangkat kotoran, double cleansing efektif membersihkan sisa minyak yang mengendap di pori-pori kulit,” ujar dokter yang berpraktik di Surabaya Skin Centre.

Selain itu, gunakan produk eksfoliator paling tidak seminggu sekali untuk membuang sel kulit mati di wajah. Sel kulit mati, kata Irma, merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya komedo. “Seharusnya pada kulit yang sehat, komedo jarang terbentuk karena kulit meregenerasi diri setiap 28 hari. Jika pernah mengalami komedo sebelumnya, maka tak ada salahnya Anda membersihkan wajah dengan skrub agar sel kulit mati terangkat dengan sempurna,” ujar Irma.
 

Ia juga mengingatkan kaum hawa agar memperhatikan kandungan produk perawatan kulit dan makeup yang akan dipakai. Saat membeli, pastikan makeup pilihan Anda noncomedogenic alias tidak memicu munculnya komedo. 

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."