Tips Mengusir Semut dengan Bahan Alami

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi semut. Pixabay.com

Ilustrasi semut. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak hanya nyamuk atau lalat, kita juga sering kesal saat berurusan dengan semut yang ada di rumah. Saat menaruh makanan di meja sebentar saja, semut sudah mulai datang dan akan mengerubung di sekitar makanan.

Membasmi semut pun biasanya bisa dilakukan dengan obat kimia, tapi tentu saja hal itu tak sehat. Jika ingin menyingkirkan semut tanpa memiliki efek negatif bagi kesehatan, coba gunakan empat bahan alami. Semut-semut dijamin akan pergi dan kita pun tak akan terkontaminasi dengan bahan kimia.

Artikel lain:
3 Bahan Alami untuk Mengusir Semut dari Rumah
5 Bahan Alami untuk Atasi Semut

1. Air bawang putih
Salah satu bahan yang selalu ada di dapur yaitu bawang putih, dan ternyata juga memiliki manfaat untuk menyingkirkan semut. Kita hanya perlu memasukkan beberapa siung bawang putih yang sudah dihancurkan ke dalam wadah yang berisi air dan diamkan selama 24 jam. Setelah itu didihkan campuran tersebut selama 15 menit. Setelah dingin, tuangkan air bawang putih ke dalam botol semprot dan gunakan saat ada kumpulan semut.

2. Kulit jeruk
Buat yang makan jeruk dan langsung membuang kulit, coba gunakan kulit untuk mengusir semut sebab kulit jeruk memiliki kandungan yang bersifat racun buat semut. Kita hanya perlu memotong kecil-kecil kulit jeruk dan menebarkannya di tempat yang banyak semut. Potongan kulit jeruk tersebut akan mengeluarkan racun yang mematikan semut.

3. Ragi
Tak hanya berguna buat yang suka membuat roti, ternyata ragi juga bisa digunakan untuk mengusir semut. Bau ragi akan menarik semut dan saat mereka memakannya bisa membuat mati karena kandungannya. Kita hanya perlu mencampurkan 100 gram ragi dengan satu liter air dan 100 gram gula pasir. Campurkan bahan tersebut dan masukkan ke dalam sebuah wadah. Saat ada kelompok semut yang datang ke rumah, gunakan cairan tersebut agar semut menyingkir dan tak lagi mengganggu.

4. Lada
Tak hanya bisa menyedapkan masakan, ternyata lada juga bisa bermanfaat sebagai pengusir semut. Bahan alami yang ada dalam lada bisa membuat semut tak mau datang lagi ke rumah. Campurkan lada dan air dengan porsi yang sama dan masukkan dalam botol semprot. Saat ada banyak semut yang berkumpul, segera semprotkan campuran tersebut agar mereka segera pergi.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."