Masih Suka Bangun Siang? Pahami Dampaknya buat Kesehatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi tidur. Shutterstock

Ilustrasi tidur. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bangun pagi adalah tantangan tersendiri buat banyak orang. Apalagi mereka yang sering begadang di malam hari.

Alhasil, mereka pun memilih untuk bangun lebih siang untuk mendapatkan jam tidur yang cukup. Namun, terlalu sering bangun siang ternyata memiliki dampak negatif untuk kesehatan. Berikut di antaranya.

Baca juga:
Sederet Manfaat Bok Choy buat Kesehatan, Jadikan Menu Sehari-hari

Bedong Bayi Berisiko untuk Kesehatan, Simak Penjelasan Dokter

1. Mengganggu metabolisme tubuh
Terlalu sering bangun siang atau tidur dalam waktu yang cukup lama akan membuat badan tidak berfungsi dengan baik. Salah satu yang berpengaruh adalah metabolisme yang terganggu karena perut merasakan lapar dalam waktu yang cukup lama sehingga metabolisme bisa bermasalah.

2. Kanker hati
Ada baiknya untuk segera mengurangi kebiasaan bangun siang. Pasalnya, kebiasaan tersebut juga bisa berdampak pada tumbuhnya kanker hati. Penyebabnya bisa muncul karena waktu buang air besar yang tidak teratur. Seperti yang kita tahu, waktu buang air besar yang baik adalah dari pukul 05.00 hingga 07.00.

Artikel lain:
3 Prinsip Hidup Sehat Supaya Tubuh Segar Sampai Tua

3. Sakit kepala
Sakit kepala juga salah satu dampak buruk yang akan muncul setiap bangun siang karena adanya cairan serebrospinal yang bergerak ke otak saat kita tidur dalam waktu yang cukup lama. Jika kondisi ini berlangsung terus menerus, maka sakit kepala pun bisa menjadi lebih parah.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."