5 Tips Meredakan Nyeri Punggung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Sebagian wanita merasakan sakit punggung kala haid. Tabloidbintang.com

Sebagian wanita merasakan sakit punggung kala haid. Tabloidbintang.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Nyeri punggung adalah masalah yang sering dialami banyak orang. Biasanya, nyeri dirasakan di sepanjang tulang belakang, mulai dari leher hingga tulang ekor.

Nyeri punggung umumnya disebabkan tulang belakang yang terkilir atau tegang saat melakukan kebiasaan sehari-hari, misalnya terlalu lama duduk dengan postur yang salah atau mengangkat benda dengan posisi yang tidak benar.

Adanya masalah pada ruas tulang belakang dengan jaringan di sekitarnya, seperti otot, tendon, ligamen, atau saraf juga bisa menyebabkan nyeri punggung. Bila nyeri punggung terasa, tentunya akan mengganggu aktivitas. Namun jangan khawatir, Anda bisa melakukan tips berikut supaya nyeri punggung dapat teratasi.

Artikel lain:

Masih Muda tapi Sering Nyeri Punggung, Cermati Kebiasaan Berikut
Jessica Mila Mengidap Skoliosis, Tulang Belakang Berbentuk S

#Lakukan olahraga ringan
Cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri punggung adalah olahraga. Lakukan olahraga ringan, seperti plank, pergangan, atau yoga. Jalan cepat dan berenang juga bisa membantu mengatasi nyeri punggung.

Ahli kiropraktik asal New Jersey, Amerika Serikat, Robin Lustig, mengatakan dengan melakukan olahraga ringan maka otot dan sendi akan bergerak, tulang belakang pun akan terbebas dari rasa tegang atau kaku.

#Mengompres punggung
Bila nyeri punggung terasa sangat menyakitkan, cobalah untuk mengompres punggung bagian bawah. Gunakan handuk yang telah direndam di air hangat, botol berisi air hangat, atau bantal pemanas untuk mengompres. Disarankan suhunya antara 40-50 derajat Celcius dan kompres selama kurang lebih 20 menit. Mengompres berguna untuk meredakan nyeri otot atau sendi pada area punggung.

#Perbaiki postur tubuh
Jangan membiasakan diri untuk membungkuk, baik itu saat berjalan atau sedang duduk. Jika Anda bekerja dengan komputer selama berjam-jam, coba taruh bantal di antara punggung bawah dengan kursi. Pastikan postur tubuh tetap lurus. Sesekali jangan lupa lakukan peregangan atau berdiri setidaknya setiap 20 menit.

Ilustrasi wanita makan buah dan sayur. shutterstock.com

#Selektif mengonsumsi makanan
Nyeri pinggang bisa lebih parah jika tidak selektif memilih makanan. Sebaiknya hindari makanan pedas dan cepat saji yang dapat mengganggu saraf dan berimbas pada nyeri punggung. Coba perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar, daging rendah lemak seperti ikan atau ayam, produk olahan susu, dan juga makanan olahan gandum.

#Perhatikan posisi tidur
Nyeri punggung biasanya terasa sangat sakit saat bangun tidur. Itu artinya ada yang salah dengan posisi tidur. Tidur dengan posisi tengkurap jadi penyebab nyeri punggung yang paling sering. Cobalah tidur telentang dengan posisi tubuh lurus dan taruh bantal di bawah lutut. Anda juga bisa tidur dengan posisi menyamping dengan meringkuk atau memeluk guling.

Kualitas kasur juga jadi faktor penyebab masalah nyeri punggung. Kasur yang terlalu empuk tidak bisa menopang tubuh dengan sempurna, sementara bila terlalu keras maka punggung bagian bawah juga tidak bisa disokong dengan baik.

TABLOIDBINTANG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."