Ingin Lebih Sehat di 2019, Ayo Rutin Berolahraga

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
ilustrasi berolahraga. Shutterstock

ilustrasi berolahraga. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Orang membuat resolusi di tahun yang baru. Salah satunya menjaga kesehatan dan kebugaran dengan berolahraga. Namun seringkali niat ini urung dilaksanakan karena kuatnya godaan yang kadang datang dari diri sendiri, misalnya malas bangun pagi, lebih memilih jalan bareng teman daripada berolahraga, atau takut harus bersosialisasi dengan lingkungan baru di pusat kebugaran.

Pelatih fitness plus-size, Louise Green, mengatakan kliennya sering bertanya “Kapan berolahraga akan terasa lebih mudah?"

Menurutnya, setelah Anda terbiasa dengan cara hidup yang aktif, olahraga akan terasa lebih menyenangkan dan bahkan mulai merasa menjadi sesuatu yang tidak bisa ditinggalkan. Mengutip laman Self, Green membagikan tujuh tips untuk yang ingin memulai kebiasaan olahraga.

Baca juga:

Olahraga Pakai Perabot Rumah Tangga, Ikuti 6 Gerakan Berikut
Olahraga dulu, Baru Berhubungan Intim

#Pilih tanggal mulai resmi
Lihatlah kalender dan pilih tanggal yang sesuai untuk memulainya, setidaknya tiga hari atau seminggu sebelumnya. Dengan begitu, Anda memiliki waktu yang cukup untuk mengatur persiapan sebelum tanggal mulai.

#Luangkan waktu untuk mencari tahu mengapa ingin mulai berolahraga
Beberapa hal yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri, apa yang Anda harapkan setelah berolahraga? Hasil apa yang ingin dilihat? Luangkan waktu untuk membuat daftar tujuan dan niat sehingga proses tersebut memiliki hasil nyata yang akan mendorong Anda untuk mencapai tujuan setiap hari ini.

#Buat daftar hal-hal yang diperlukan
Persiapan adalah komponen kunci untuk membuat olahraga menjadi kebiasaan jangka panjang dan sangat penting pada awalnya. Jika kita tidak siap, akan sulit untuk memulainya. Sebelum memulai rutinitas baru, periksa apa yang dimiliki. Apakah Anda memerlukan sepatu baru, bra olahraga, botol minum, atau sudah cukup?

Ilustrasi laki-laki dan wanita berlari bersama. shutterstock.com

#Visualisasikan seperti apa rutinitas baru dan bagaimana perasaan
Visualisasi adalah teknik mental yang bagus untuk mengurangi ketidakpastian dan ketakutan tentang sesuatu yang baru. Ini adalah alat yang diajarkan para pelatih elit kepada para atlet Olimpiade dan atlet profesional, dan juga dapat bermanfaat bagi para pecinta olahraga. Hal ini juga dapat membantu mempersiapkan Anda secara mental untuk apa yang akan terjadi. 

#Rencanakan olahraga yang paling bikin semangat
Beberapa orang menyukai latihan di pagi hari dan berharap untuk memulai setiap hari dengan berolahraga. Dengan mencari tahu waktu dan jenis latihan yang membuat paling bersemangat dapat membantu memastikan hasil terbaik.

#Buat sistem untuk diri sendiri
Bagi sebagian orang, olarahaga dengan teman atau rekan kerja jadi alasan tambahan untuk tidak melewatkannya. Sedangkan yang lain, misalnya membuat sistem penghargaan sehingga setelah satu bulan latihan yang konsisten, mereka akan memperlakukan diri sendiri untuk sesuatu yang mereka tidak inginkan. Atau, ada juga yang cukup dengan mencatatnya di aplikasi atau secara tertulis.

#Pahami lagi apa artinya menjadi sukses
Merayakan pencapaian bisa sangat membantu dan membuat Anda tetap termotivasi, terutama di awal. Bahkan sekadar mengakui bahwa memulai adalah suatu pencapaian sehingga dapat memberikan dorongan untuk terus maju. Apa pun yang Anda lakukan, jangan menunggu sampai semua tujuan tercapai. Rayakan setiap kali membuat pilihan yang selaras dengan tujuan.

Baca jugaa:
6 Gerakan Bebersih Rumah yang Bisa Dilakukan Sambil Olahraga

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."