Transgender Solena Chaniago, Detail Biaya Operasi Bagian Tubuhnya

Solena Chaniago. tabloidbintang.com

ragam

Transgender Solena Chaniago, Detail Biaya Operasi Bagian Tubuhnya

Jumat, 23 Maret 2018 18:31 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Transgender kini menjadi istilah yang hangat diperbincangkan. Transgender merupakan sebutan bagi orang yang perilaku dan penampilannya berbeda dengan jenis kelaminnya. Seseorang yang secara terbuka menyatakan kalau dirinya adalah transgender adalah Solena Chaniago.

Solena Chaniago kini menetap di Amerika Serikat bersama suami dan anaknya, Sanaya. Ditanya tentang perubahan tubuhnya dari ujung rambut ke ujung kaki, Solena Chaniago menjelaskan dengan detail.

Menurut dia, mengubah penampilan dari pria menjadi wanita tulen membutuhkan biaya yang tak sedikit. Apa saja operasi yang dia jalani di New York, Amerika Serikat dan Bangkok? Berikut ini rinciannya:

1. KeningPerubahan di bagian kening diperlukan karena berkaitan dengan posisi rambut. Area kening dipersempit dan menghabiskan dana sekitar USD 7.000 atau sekitar Rp 96 juta.

2. Hair transplant Transplantasi rambut diperlukan untuk menggeser garis rambut lebih ke bawah atau sampai ke daerah kening. Tindakan ini membutuhkan biaya sekitar USD 15 ribu atau sekitar Rp 206 juta.

Pelaku transgender Solena Chaniago habiskan 1,7 M untuk berubah jadi perempuan (Tabloidbintang.com)

3. HidungTampilan hidung diubah menjadi lebih mancung dan ujung hidung agak naik. Ongkosnya USD 8.000 atau sekitar Rp 110 juta.

4. JakunBagian jakun atau adam's apple tentu harus dihilangkan. Biayanya USD 3.000 atau sekitar Rp 41 juta.

5. Porcelain veneers Membuat gigi lebih putih dan cerah membutuhkan biaya USD 35 ribu atau sekitar Rp 481 juta.

6. PayudaraMemperbesar bagian dada dan membentuknya seperti payudara perempuan mesti merogoh kocek USD 10 ribu atau sekitar Rp 137 juta.

7. Vaginoplasty Ini adalah tindakan merekonstruksi alat kelamin. Solena Chaniago menjalani operasi vaginoplasty di Bangkok karena di sana ada Dokter Suporn, seorang ahli bedah spesialis vaginoplasty. "Dia ahli bedah paling mahal di Thailand," ucap Solena Chaniago. Biaya yang dikeluarkan untuk tiket pesawat, hotel, perawatan di rumah sakit, dan akomodasi lainnya mencapai USD 50 ribu atau sekitar Rp 688 juta.

Solena Chaniago. tabloidbintang.com

Solena Chaniago menjelaskan, dengan perkembangan teknologi dan dunia medis, maka tak ada yang tak bisa diubah pada tubuh seorang transgender. Bahkan perubahan suara menjadi lebih feminin juga bisa dilakukan dengan cara voice feminization surgery.

Namun demikian, Solena Chaniago mengingatkan satu hal yang tak bisa diubah oleh seorang transgender. "Semua bisa diubah, kecuali rahim. Transgender tidak bisa melahirkan," ucap Solena Chaniago. Dia mengatakan tak ada efek samping dari tindakan operasi asalkan dilakukan oleh dokter ahli yang berpengalaman.

TABLOIDBINTANG