5 Olahan Pisang yang Menggoda dari Berbagai Daerah

Es pisang ijo. TEMPO/ Akbar Tri Kurniawan

kuliner

5 Olahan Pisang yang Menggoda dari Berbagai Daerah

Selasa, 13 Maret 2018 16:07 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rita Nariswari

CANTIKA.COM, Jakarta - Doyan melancong, tentunya tak pernah lepas dari menjajal sajian lokal? Biasanya satu bahan yang sama diolah berbeda di setiap daerah.  Termasuk buah pisang yang menjadi topik  hangat akhir-akhir ini, setelah Kaesang Pangarep terjun ke bisnis kuliner nugget pisang.

Selama ini daerah yang terkenal dengan pisang adalah Lampung. Namun, sebenarnya soal olahan pisang yang unik dan rasanya menggoda bisa ditemukan di sejumlah daerah. 

Misal, di Manado, Makassar, Bali, dan Semarang. Jika mampir ke-4 kota ini, jangan lewatkan pisang-pisang berikut ini.

1. Pisang plenetJika mampir ke Semarang, jangan lewatkan untuk mencicipi pisang plenet. Jenis jajanan jadul yang mulai dijajakan sejak 1960-an ini, terbuat dari pisang kepok yang dipipihkan atau plenet dalam bahasa setempatnya.

Pisang tersebut diolesi  mentega dan dibakar. Kemudian diberi taburan tergantung selera, seperti cokelat, keju selai nanas, gula halus.

Pisang bakar khas Semarang, yang pipih dan diberi taburan aneka rasa.

2. Pisang raiOlahan pisang yang satu ini bisa ditemukan di Bali. Menjadi teman minum kopi di tengah udara dingin seperti di Ubud. Tampilannya bukan lagi pisang utuh, karena pisang sudah dibalut oleh adonan tepung beras yang kemudian direbus di air pandan.

Pisang pun muncul dalam balutan warna hijau. Sebelum disajikan ditaburi parutan kepala muda. Pisang pun terasa lebih gurih.

3. Pisang epeSejenis pisang bakar dan di dikenal dengan nama pisang epe di Makassar. Menggunakan pisang kepok yang masih mengkal yang sebelum dibakar dipipihkan terlebih dulu.

Paduannya adalah gula merah cair. Hanya aromanya sedap karena dicampur durian atau nangka. Bisa ditemukan di sepanjang Pantai Losari, Makassar.

Baca: Nutrisi Super dari Pisang yang lagi Tren

4. Pisang goroho Keunikan pisang goreng dari Sulawesi Utara ini adalah paduannya dengan sambal roa. Roa adalah  sejenis ikan kecil dari danau air tawar di Sulut.

Pisang yang digunakan memang bukan pisang matang justru  pisang mentah. Dan jenis pisangnya pun khusus yakni pisang goroho yang merupakan pisang khas lokal.

Tak terasa manis, tapi nikmatnya luar biasa saat mencocol pisang goreng hangat dengan sambal roa yang pedas.

Baca: 8 Buah ini Harus Dihindari Pelaku Diet

5. Es pisang ijo Yang satu merupakan hidangan dingin. Berasal dari Makassar, pisang tampil dalam balutan adonan hijau. Setelah dikukus, potongan pisang ijo diguyur santan dan sirup. Rasanya segar.