8 Buah Ini Harus Dihindari Pelaku Diet

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rita Nariswari

google-image
Ilustrasi buah pisang. shutterstock.com

Ilustrasi buah pisang. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Melakoni diet tak berarti bisa melahap semua jenis buah. Sebaiknya hindari delapan buah berikut ini agar pola diet tetap terjaga.

1. Pisang

Pelaku diet harus berpikir dua kali memilih pisang sebagai menu sarapan. Pisang yang matang mengandung karbohidrat tinggi. Sebanyak 93 persen kalori pada pisang berasal dari karbohidrat, selebihnya 16 persen adalah gula.

2. Mangga

Seperti halnya pisang, persentase tertinggi dalam mangga adalah karbohidrat. Mangga merupakan salah satu buah termanis di antara buah-buahan. Satu mangkuk mangga terdiri atas 100 kalori dan 23 gram gula. Jadi patut dihindari pelaku diet.

Baca: Risiko Diet Kekinian Bagi Tubuh 

3. Ceri

Bentuknya memang kecil, tapi seperti halnya mangga, kandungan gula dalam ceri lebih tinggi dibanding jenis buah lainnya. Satu mangkuk ceri mengandung sekitar 17,7 gram gula. Jadi ceri bukan buah yang tak tepat dikonsumsi penderita diabetes dan pelaku diet.

Baca: Berat Badan Naik Turun Saat Diet, Simak Penjelasannya

4. Kelapa

Orang umumnya mengira kelapa termasuk jenis buah yang sehat. Padahal, kelapa adalah buah dengan kandungan lemak tertinggi. Ketahuilah satu mangkuk kelapa mengandung 283 kalori dan 224 kalori berasal dari lemak.

5. Cranberry

Jenis buah ini pernah disebut sebagai buah paling sehat dan menyembuhkan. Namun, menurut Journal American Medical Association, tidak ada bukti untuk hal tersebut. Yang pasti, mengonsumsi buah cranberry dalam jumlah tinggi bisa meningkatkan risiko serangan batu ginjal.

Cranberry mengandung kadar oksalat tinggi yang bisa meningkatkan kadar batu kalsium oksalat dalam ginjal. Selain itu, kadar karbohidrat dalam cranberry sangat tinggi. Sepertiga mangkuk cranberry mengandung 123 kalori serta 0,5 gram garam.

6. Anggur

Buah berukuran kecil ini jangan dianggap enteng. Satu mangkuk anggur mengandung 27 gram karbohidrat. Selain itu, mengonsumsi buah ini mempunyai efek negatif, seperti memicu serangan alergi dan masalah pada pencernaan

7. Lychee

Rasa manisnya memang menggoda, tapi hati-hati satu buah lychee mengandung enam gram karbohidrat. Artinya, bila Anda melahap satu mangkuk lychee, sama dengan 125 kalori.

8. Jeruk 

Rasa asamnya saja sudah bisa merusak gigi. Selain itu, kandungan per buah berukuran kecil mencapai 45 kalori, lantas satu mangkuknya bisa mencapai 85 kalori. Buah yang menyegarkan ini pun bukan pilihan tepat bagi pelaku diet.

mashed| factsecret

 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."