4 Hal yang Paling Dicari Emak Jaman Now di Internet

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi belanja online. shutterstock.com

Ilustrasi belanja online. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Emak jaman now pasti akrab dengan gadget. Melalui ponsel pintar, komputer tablet, dan laptop, mereka mencari informasi untuk menambah pengetahuan. Menurut analisis Mom’s Online Behavior yang dilakukan oleh Google, sebanyak 69 persen ibu di Indonesia menggunakan gadget untuk mencari tahu segala sesuatu yang berkaitan dengan kebutuhan anak dan keperluan rumah tangga.

Baca juga:
5 Ciri Emak Jaman Now, Ambil Sisi Positifnya ya Bunda

Menurut riset tersebut, ada empat hal yang paling banyak dicari oleh emak jaman now di mesin pencari Google. Kata kunci tertinggi adalah 'parenting'. "Karena ibu itu fokus pada keluarga, jadi pencarian memakai kata parenting paling banyak," kata Insight Specialist Google Indoensia, Ariyani Dwijayanti.

Pencarian kedua terbanyak adalah istilah resep. "Kemampuan menentukan menu dan mengolah masakan membuat ibu sering mencari resep di Internet," ucapnya. Ketiga adalah kata kunci hiburan atau entertainment.

Ilustrasi belanja online. Shutterstock.com

Ariyani menjelaskan, siapapun membutuhkan hiburan tak terkecuali ibu yang perlu me time alias waktu untuk bersenang-senang sendiri. Jenis hiburan yang dipilih oleh emak jaman now di Internet misalnya menonton video talkshow atau reality show di Youtube. Keempat adalah mencari informasi tentang kecantikan. Eman jaman now, menurut Ariyani, lebih suka melihat tutorial makeup, hijab, dan fashion.

Selain mencari informasi, emak jaman now juga belanja melalui Internet. Senior Marketing Communication and Public Relations PR Manager situs jual beli Blibli, Lani Rahayu mengatakan pengguna Blibli yang berjenis kelamin perempuan paling banyak berusia 25 tahun sampai 35 tahun.

Sebelum belanja via Internet, Lani menjelaskan apa saja yang harus dilakukan ibu agar mendapatkan barang yang cocok, harga murah, dan aman atau terhindari dari penipuan. Berikut ini rinciannya:

1. Pastikan produk yang dibeli asli.

2. Belanja di toko online yang memiliki reputasi baik, mudah diakses, menyediakan layanan kepada pelanggan selain urusan jual beli dan pengiriman.

3. Jangan terkecoh dengan harga. Jika harga yang ditawarkan jauh lebih murah dari harga biasanya, belum tentu barang tersebut bagus. Sebab itu, cek review atau testimoni dari mereka yang sudah membeli.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."