Sakit Kepala dan Flu Tak Kunjung Reda, Hentikan Kebiasaan Ini

Ilustrasi wanita flu. shutterstock.com

kesehatan

Sakit Kepala dan Flu Tak Kunjung Reda, Hentikan Kebiasaan Ini

Selasa, 6 Februari 2018 07:29 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Musim hujan dengan suhu udara yang dingin dan kerap kehujanan bisa memicu sakit kepala dan flu. Setelah kehujanan di jalan dan tiba di rumah, biasanya seseorang langsung membasuh seluruh tubuh mereka termasuk mencuci rambut. Seusai mandi kemudian beristirahat atau tidur dengan rambut dalam keadaan basah.

Saking lelahnya, mungkin tak ada waktu mengeringkan rambut. Lagipula sembari tidur atau istirahat, rambut akan kering dengan sendirinya. Persepsi seperti ini keliru. Ada beberapa risiko yang muncul ketika tidur dengan rambut basah, seperti dikutip dari Teen.

1. Terkena fluTidur dengan rambut basah apalagi di ruangan yang dingin akan membuat tubuh rentan terserang penyakit, salah satu flu. Ketika bangun tidur, tubuh bukannya segar melainkan hidung mampet atau meler.

Ilustrasi keramas.netdna-cdn.com

2. Sakit kepalaSuhu dingin di kepala karena rambut yang basah tidak bisa menyeimbangkan suhu normal tubuh. Selain itu, tidur dengan rambut masih dibungkus handuk juga akan berpengaruh pada sirkulasi darah di kepala.

3. Infeksi kulit kepalaTidur dengan rambut yang masih basah memicu infeksi kulit kepala. Sebab, bantal sebagai penyangga kepala selama tidur tak luput dari bakteri yang kemudian berpindah ke kulit kepala.