Dapat Gaji Pertama, Wajib Sisihkan untuk 4 Pos Masa Depan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Mengatur perencanaan keuangan.TEMPO/ Gunawan Wicaksono

Mengatur perencanaan keuangan.TEMPO/ Gunawan Wicaksono

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika mendapat gaji pertama, satu hal yang harus dipikirkan adalah bagaimana mengelola uang tersebut. Tidak boleh boros dan harus cukup untuk membiayai berbagai kebutuhan hidup hingga dapat gaji di bulan berikutnya. Konsultan dari MoneynLove Financial Planning, Andreas Freddy Pieloor, mengatakan ada empat pos anggaran wajib bagi setiap orang agar masa depannya terjamin.

Jadi jangan dulu berpikir untuk mentraktir teman ketika mendapat gaji pertama. Buka buku catatanmu dan tulis empat pos anggaran berikut ini agar kamu sejahtera di masa mendatang.

1. Dana sosial
Porsi untuk dana sosial sebesar 2,5 sampai 10 persen dari penghasilan. Hitung-hitung sedekah, semoga pendapatanmu berkah dan bertambah.

2. Cicilan produktif
Contoh cicilan produktif adalah cicilan rumah dan apartemen. Intinya, kamu mencicil sesuatu yang nilainya akan terus meningkat dan bermanfaat, baik di saat ini maupun masa depan. Porsi untuk cicilan produktif ini maksimal 30 persen dari penghasilan.

3. Asuransi
Asuransi seperti membeli sesuatu yang tak ingin kita gunakan. Tapi berjaga-jaga juga penting agar jika terjadi sesuatu, kamu masih punya pegangan. Setelah memilih berbagai produk asuransi, baik asuransi jiwa, kesehatan, maupun pendidikan bagi yang sudah punya anak, alokasikan dananya sebesar 10 persen dari penghasilan.

4. Investasi
Besaran angka untuk investasi tergantung dari berapa usiamu saat memulai. Kalau kamu masih berumur 30 tahun ke bawah, yang artinya masih panjang jangka waktu berinvestasi, cukup sisihkan 10 persen dari penghasilan untuk pos ini. Adapun yang sudah berusia di atas 30 tahun, angkanya sedikit dinaikkan menjadi 20 persen dari penghasilan.

"Prinsipnya, prioritaskan pos untuk masa depan dengan tidak mengabaikan kebutuhan masa sekarang,” ujar Andreas. Kebutuhan sekarang yang dia maksud misalnya makan-minum, hiburan, dan transportasi.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."