Gaya Iriana Jokowi Padu Padan Baju Kurung dan Kain Tradisional

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Presiden Jokowi bersama istrinya Iriana, PM Singapura Lee Hsien Loong dan istrinya Ho Ching menonton flypast yang terbang di Marina Bay Cruise Centre, Singapura, 7 September 2017. REUTERS/Edgar Su

Presiden Jokowi bersama istrinya Iriana, PM Singapura Lee Hsien Loong dan istrinya Ho Ching menonton flypast yang terbang di Marina Bay Cruise Centre, Singapura, 7 September 2017. REUTERS/Edgar Su

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Ibu Negara Iriana Jokowi memiliki dua model busana yang sering dipakai untuk acara resmi kenegaraan, yakni kebaya dan baju kurung. Dua jenis busana ini menjadi ciri khas perempuan Indonesia, sekaligus mengenalkan kebudayaan bangsa ke dunia luar.

Baca juga: Warna Warni Kebaya Iriana Jokowi

Iriana Jokowi biasanya memilih busana berwarna terang, semisal hijau, ungu, atau merah. Jika memakai atasan kebaya atau baju kurung, untuk bawahannya Iriana Jokowi biasanya memakai kain tradisional, dan terkadang dilengkapi dengan selenang bermotif senada.

Presiden China, Xi Jinping ditemani istrinya Peng Liyuan saat berpose bersama Presiden Joko Widodo yang ditemani oleh istrinya Iriana Jokowi jelang berlangsungnya pertemuan Belt and Road Forum For International Cooperation di Aula Besar Rakyat di Beijing, China, 14 Mei 2017. AP Photo

Pada saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Hamburg, Jerman, yang berlangsung dua hari 7-8 Juli 2017, Iriana terus menampilkan berbagai macam kombinasi baju kurungnya. Pada hari pertama, tanggal 6 Juli 2017, Iriana memakai baju kurung berwarna merah terang saat turun dari pesawat. Baju kurung tersebut dipadukan dengan kain batik berwarna coklat.

Iriana menggunakan busana kurung berwarna oranye keemasan yang terlihat sederhana. Namun dengan paduan selendang dan kain batik, Iriana terlihat elegan dan bersinar dengan busananya di antara para pemimpin negara dan istri-istrinya.

Penampilan Iriana Jokowi saat berfoto selfie dengan Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull dan istrinya, Lucy Turnbull. Instagram

Saat bertemu dengan Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull dan istrinya, Lucy Turnbull, pada akhir Februari 2017. Iriana mengenakan baju kurung berwarna merah dengan bentuk yang sedikit berbeda dari biasanya. Dengan potongan leher V, Iriana memberi variasi di baju kurung yang dia gunakan. Baju kurung tersebut dikombinasikan dengan kain batik berwarna coklat dan kuning.

Penampilan Iriana Jokowi saat upacara kenegaraan di Istana Rashtrapati Bhavan, New Delhi. Instagram

Tahun lalu, Iriana juga mendapat banyak pujian dari para netizen pada saat menemui Perdana Menteri India, Narendra Modi, di Istana Rashtrapati, New Delhi, India. Pada 13 Desember 2016, Iriana terlihat sederhana, namun elegan dengan menggunakan baju kurung berwarna ungu. Busana tersebut memiliki detil payet di bagian leher dan Iriana Jokowi memadukannya dengan kain dan songket berwarna senada.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."